Experience · Zetizen Summit

Zetizen Summit 2016 : Proses Seleksi

download-10

Long time no post. Kali ini aku bakal bahas kegiatan Zetizen summit 2016. Nah buat yang pada belum tau apa sih Zetizen Summit itu? Zetizen Summit adalah acara yang mengumpulkan 5 Alpha Zetizen berumur antara 13-2o tahun terbaik dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Proses pemilihan Best 5 Alpha Zetizen dari tiap Provinsi sendiri berlangsung cukup ketat, mulai dari setiap calon Alpha Zetizen harus mengunggah foto aksi positif beserta deskripsi dari aksi positif tersebut dan harus mengalahkan ratusan bahkan ribuan peserta lain tergantung dari masing-masing provinsi finalis. Untuk Aceh sendiri peserta seleksi tahap awalnya itu sejumlah 790 finalis, tapi ada Provinsi lain yang peserta tahap awalnya sampe 2000-an finalis. Whoop.

Awalnya ngikut “Zetizen National Challenge: Be a Good Zetizen and Go to New Zealand” ini cuman iseng gara-gara di ajak senior debat sekolah ter-ntap a.k.a bg Ihsan buat join. Udahlah aku kirim beberapa fotoku pas jadi fasilitator kelestarian alam, foto kegiatan Duta Peduli Rima Aceh, foto pas lomba sama bantu ngelatih debat, dll. Nah, abis itu yaudah, aku gak sediditpun berekspektasi buat lolos. Apalagi di hari pengumuman best 5 Alpha Zetizen tiap Provinsi yang harusnya tanggal 1 Oktober itu aku gaada dapat kabar apa-apa.

Dan ternyata… Tiba-tiba pas tanggal 2 Oktober nya aku dapat sms pemberitahuan kalau aku lulus sebagai Best 20 Alpha Zetizen Aceh 2016. Yup, Aceh sedikit telat, disaat yang lain udah nentuin Top 5 Alpha Zetizen, kami baru pengumuman 20 besar-_-. Terus isi pesannya juga ngasih tau kalau akan diadakan seleksi wawancara pada hari itu juga atau pada tanggal 3 Oktober (boleh pilih salah satu tanggal seleksi nya). Aku panik pas dapat sms itu. Gimana engga, lokasi wawancaranya itu di Banda Aceh yang harus di tempuh perjalanan sekitar 9 jam dari kotaku, Kota Langsa. Yaudalah aku berkeputusan untuk ga jadi ikut karena memang belum nyiapin apa-apa dan itu pas hari sekolah dan belum nyiapin surat izin juga. Tapi, orangtuaku yang malah nyemangatin dan nyuruh coba aja, i still remember when my mom said “Coba aja dek dulu, manatau lulus kan. Untuk apa jadi kemarin itu ikut kalau ujung-ujungnyanya quit.” terus langsung ke sekolah buat nyiapin surat izin dan berangkat sekitaran jam 12 siang.

Aku sampe Banda Aceh itu tengah malam karena lumayan banyak singgah di perjalanan dan besok paginya langsung ke Kantor Harian Rakyat Aceh sama kakak aku ( thanks for the accompanied and the support sist! ) untuk seleksi wawancara tanpa ada persiapan apa-apa. Sampe sana nunggu yang ngewawancara (red: Bang Ariful dan rekan) sama beberapa finalis lain yang dominannya mahasiswa, dan aku langsung dapat giliran pertama buat masuk ke ruang interview.

Didalam ruangan, aku ditanya lumayan banyak pertanyaan khas wawancaralah. Mulai dari kenapa ikut, tau dari mana program ini, orang tua setuju gak, apa aja kegiatan yang dilakukan, siapa walikota Langsa-_-, gimana kota Langsa menurut aku, apa aja kegiatan selama jadi duta, bisa bahasa Internasional apa aja, apa yang mau dilakukan kalau terpilih nantinya, terus apa yang akan dilakukan kalau ga terpilih, dll. Pokoknya banyak. Bang Ariful Kepo soalnya, hahah.

Abis itu aku dikasi beberapa berkas yang harus di isi, mulai dari surat data diri, surat izin orang tua, dan surat izin sekolah yang harus dikumpulkan besok. Aku terus panik dong, gimana bisa dikumpul besok sedangkan sekolah aku di Langsa hmm tapi Alhamdulillah aku dikasih dispensasi untuk ngumpul semua berkas itu lusa pas sekalian hari pengumuman Top 5 Alpha Zetizen Aceh yang akan mengikuti serangkaian kegiatan pada Acara Zetizen Summit di Surabaya pada 14-16 Oktober 2016. Yauda dari situ langsung ngirim berkas balik ke Langsa untuk di urus disana.

Setelah melewati serangkaian seleksi *eakk, aku udah ga mikirin lagi sih bakalan lulus atau engga. Sampai malamnya aku dapat sms kalau pemenang Best 5 Alpha Zetizen Aceh bakalan di umumin di rubrik Zetizen dalam Koran Harian Rakyat Aceh Terbitan (6/10/16) yauda aku berdoa aja semoga hasilnya yang terbaik.

Sampai besoknya aku dapat telepon dari orangtuaku yang masih stay di Langsa dan bilang kalau ada nama aku di koran dan aku dinyatakan menjadi salah satu dari Best 5 Alpha Zetizen Aceh. Aku aja belum baca koran, eh malah kecolongan duluan, hahah. Terus orangtua ku ngirimin foto korannya via aplikasi chat. beginilah kira-kira isi korannya :

img_6159
Pengumuman Best 5 Alpha Zetizen Aceh

Aku bersyukur banget tentunya, apalagi pas denger irama bahagia orangtuaku via telepon pas ngehubungi kalau anak bungsunya jadi salah satu alpha yang berhak mengikuti seleksi nasional di Surabaya untuk memperebutkan tiket fun trip ke New Zealand dan menjadi Youth Ambassador Indonesia for New Zealand. Senang, terharu, bangga, bercampur jadi satu. Pokoknya terimakasih untuk semua orang yang udah ngedukung, because i can’t did it without you guys!

-To Be Continued-

3 thoughts on “Zetizen Summit 2016 : Proses Seleksi

Tinggalkan Balasan

