BKKBN · education · Uncategorized

Dengan Generasi Berencana ( GenRe ), Indonesia Bisa!

 

genre13

Remaja sejatinya merupakan pondasi utama harapan bangsa. Dimana masa depan bangsa berpangku ditangan para penerusnya yang saat ini notabennya masih berusia remaja. Indonesia tentu sangat membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, inovatif, serta memiliki nilai spiritual yang tinggi dan mempunyai rasa cinta terhadap tanah airnya.

Namun bagaimana cara mewujudkan hal tersebut agar tidak hanya menjadi angan atau harapan belaka? Karena seperti yang kita ketahui, saat ini banyak remaja Indonesia yang malah terjerumus dalam masalah. Masalah remaja yang timbul biasanya berkaitan dengan masalah seksualitas (Hamil di luar nikah, aborsi), AIDS,  penyalahgunaan Napza, Perkelahian, dan sebagainya. Masalah seperti itu perlu ditangani secara serius agar tidak perlu terulang lagi. Remaja dengan kondisi seperti itu tentu memerlukan dukungan dari berbagai pihak untuk berubah dan juga memerlukan penanganan serta informasi seluas-luasnya mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya menata masa depan dengan baik lewat meninggalkan perilaku yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan remaja itu sendiri. Remaja tidak bisa berjalan sendirian tanpa dampingan dari orangtua, guru, dan lingkungan sekitar.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka diperlukan kesadaran diri dari para remaja yang akan menjadi penerus bangsa untuk kedepannya. Menyadari ini, BKKBN (Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional) sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab menjalankan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) suatu program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana (GenRe).

GenRe sendiri memiliki sasaran berupa remaja berusia 10-24 tahun. Dan setiap tahunnya BKKBN menggelar pemilihan duta mahasiswa GenRe Nasional yang beranggotakan Duta-Duta terpilih dari seluruh Provinsi di Indonesia. Ungkapan yang harus melekat pada remaja di  program GenRe adalah Say NO To Drugs (ucapkan tidak untuk/pada Narkoba), Say NO to free sex (ucapkan tidak pada sex bebas), GoodBye HIV/AIDS (Selamat tinggal HIV/AIDS).

Langkah BKKBN mempersembahkan program Generasi Berencana (GenRe) sangat diharapkan menjadikan kualitas remaja Indonesia yang mampu menggantikan generasi berikutnya , sehingga Indonesia kelak semakin maju serta diperhitungkan di mata dunia secara global. Generasi yang dipersiapkan dengan terencana memerlukan uluran dan kerjasama dari semua pihak, agar persoalan remaja serta kendalanya dapat diselesaikan secara bersama-sama. Karena generasi Berencana, bukan tidak mustahil akan melahirkan generasi emas bagi Indonesia.

Dengan GenRe, Indonesia Bisa!

Ditulis oleh Raudhatul Jannah

 

Iklan

25 thoughts on “Dengan Generasi Berencana ( GenRe ), Indonesia Bisa!

  1. Kadang sih ini cuma wacana pemerintah padahal bagus banget sih kalo di realisasikan

    Paling penting adalah sekolah dari sd, itu harus udah di fasilitasi tentang pendidikan sex, tentang konseling kejiwaan siswa, dll, sehingga siswa yang mau curhat, yang mau ingin tahu bisa bisa mertanya di tempat yg jelas,

    Wkwkwkwk

    Kaboor

    Disukai oleh 1 orang

      1. Nah itu kembali lagi pada kesadaran pemerintah. Apakah wacana pendidikan sex usia muda dan konseling kejiwaan itu penting atau tidak. Atau mungkin ada hal lain yang dianggap lebih penting. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi selanjutnya😊. Tapi untuk sekarang sudah lumayan banyak kok sekolah-sekolah diindonesia yang mengajarkan sex education dan bimbingan konseling. Semoga kedepannya akan terus bertambah lagii dan berjalan lancar sesuai wacanaa

        Suka

      2. Yup, itu poinya. Kadang bicarain sex education terasa tabu untuk kalangan guru guru, terutama guru sd, padahal sekarang pertumbuhan maturitas secara sexual anak sd kelas 4-6 udah jamak, harusnya malah dari dini di tangan orang tua pendidikan sex ini penting

        Selain ngurangin sex bebas, juga ngurangin calon calon korban sj yg lainya

        Wkkwkwkw

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s