Experience

Menang Duta Peduli Rimba Aceh 2015 :Unexpected Moment

 

avatar (1)

Hii.. kali ini aku bakalan post pengalaman masa-masa karantina sampai akhirnya terpilih jadi Duta Peduli Rimba Aceh 2015!! 👇👇👇

Awalnya aku ikut seleksi memang gaada niatan buat menang, niatnya sih buat wakilin daerah aja, dan memang gaada persiapan khusus sama sekali 😃

Hari pertama sampai di Hotel kepagian sekitaran jam 05.30am, di hotel itu baru ada sekitaran perwakilan dari 5 daerah, kami belum dikasi check-in karena emang jadwal check-in jam 12.00pm, alhasil barang kami titip sama receptionist terus ke mushalla buat shalat shubuh abisitu cari sarapan keluar.

Abis sarapan, untung uda dibolehin check-in walaupun belum jam 12.00pm. Aku dapat kamar dilantai 2 sama finalis cewe dari 3 kabupaten lain. Di hari pertama ini kita belum saling kenal, paling kenalnya baru sama kawan kamar doang. Dihari Pertama ini juga kita dibagiin seragam ( Baju, Selempang,topi,pin,dll ) buat acara di hari-hari selanjutnya.

Sorenya.. para finalis disuruh siap-siap ke Dinas Kehutanan Kota Banda Aceh untuk persiapan malam selamat datang dan penyampaian persepsi masing-masing finalis. Disitu kita di dandani sama perias yang uda disediain. gini nih kira-kira :IMG20151116232125.jpg

Dimalam ini juga kita belum saling kenal, masih sibuk sama urusan sendiri-sendiri, hahaha😃

Selesai semua finalis dirias itu sekitaran jam 08.00pm, abis itu langsung dilanjutin acara malam selamat datang sekaligus penyampaian persepsi yang bikin semua finalis deg-degan pastinya.

Acara pun dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an, sambutan  dari berbagai pihak, menyanyikan lagu mars seruan rimba, dan sambutan dari Duta Peduli Rimba Aceh tahun 2014. Baru setelah itu semua dilanjutkan sama penyampaian persepsi masing-masing Finalis. Masing-masing Finalis dipanggil satu persatu bersama pasangannya dari setiap daerah untuk menyampaikan persepsi tentang hutan yang ada di daerah masing-masing selama 1 menit didepan para Dewan Juri, Para Pendamping, dan seluruh tamu undangan yang telah hadir. Itu benar-benar moment yang luar biasa lah pokoknya. Karena ada sekitar 46 finalis jadi acaranya selesai sekitaran pukul 00.00am . Diakhiri dengan sesi foto bersama :

 

1447997479700

Karena jarak Dishut-Hotel  lumayan jauh jadi kami sampai ke hotel sekitaran jam 01.00am. Gakebayang itu capeknya gimana sampe hotel tengah malam, mana buat yang cewe harus hapus make-up dulu sebelum tidur. huhu😂😂

Hari kedua, kami jalan-jalan dengan pakaian yang uda di sediakan sebelumnya di Hutan Kota Banda Aceh, disitu kami seharian nanam pohon sama dibekali materi sama pemateri atau dewan juri yang memantau kegiatan kami selama disana. Dan itu asli capek tapi seruuu. Disinilah kami mulai dekat satu sama lain, saling cerita sekalian bagi pengalamann. Pemberian materinya juga gak bosenin kok, di sela-sela pemberian materi ada unjuk bakat sama sesi tanya jawab gitu. Kita boleh menjawab pertanyaan yang diberikan dan kita juga bebas mau nanya apa ajaa. Wihh seru kan?😄😊 Oh ya,  attitude kita selama kegiatan di hutan kota ini juga dinilai lohh. Ini nih foto kami pas di hutan kota :avatar (6).jpg

Pulang dari situ itu sekitaran jam 07.00pm. Malamnya selesai makan malam dihotel juga kita adain acara kumpul semua finalis, kaya acara pendekatan gituu. Jadi sekalian sharing pengalaman, tukeran kontak dan tanya jawab. pokoknya seru lah  💜😊

Hari ke tiga, itu sesi wawancara. ini puncaknya deg-degan. Bayangin kita disesi ini gak tau mau ditanya apa dan dewan juri bebas mau nyuruh kita jawab pake bahasa apa aja ( Bahasa Indonesia, Bahasa daerah dan Bahasa Inggris ). Kebetulan pas aku di wawancara pertanyaannya itu tentang ‘Bagaimana pendapat anda tentang gaya hidup kembali ke alam ( back to nature) ?’ . Yaudah dong aku jawab sebisa aku pakai Bahasa Indonesia. Ehh, jurinya suruh aku jawab pakai bahasa daerah ( Aceh ), bermodal pengetahuan bahasa daerah yang aku bisa aku jawab lagi menurut pendapat aku, dan alhamdulillah bisa terjawab. Gak cukup sampai disitu, dewan juri nyuruh aku jawab pertanyaannya pakai bahasa Inggris. Dan Alhamdulillah bisa terjawab juga pendapat aku dalam 3 bahasa itu.😊 di sela-sela wawancara juga ada sesi penampilan bakat. jadinya gak ngebosenin kokk. ini nih foto kami selesai wawancara :

avatar (7).jpg

Abis wawancara itu kami otw ke TPI Lampulo untuk persiapan acara penutupan buat besok, yah gak kerasa udah mau pisah, huhu😭😪

Malamnya balik ke hotel kaya biasa, kebayang dong banyak finalis yang deg-degan karena besok acara penutupan sekaligus pengumuman pemenangg. wow👏😄 Aku sendiri emang ga ada kepikiran buat menang, secara finalis lain itu hebatnya Subhanallahh😊😊

Hari keempat (terakhir ) , Hari ini adalah puncaknya acara (Closing ceremony dan pengumuman pemenang) sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon Nasional, jadi selesai acara semua finalis ikut serta menanam pohon didaerah TPI Lampulo, Banda Aceh. Acara ini juga turut di hadiri Gubernur Aceh dan seluruh pimpinan daerah/ yang mewakili.

Acara dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-qur’an dilanjutkan dengan kata sambutan, menyanyikan lagu, dan sampai akhirnya…….

Pengumuman Pemenang Duta Peduli Rimba Aceh 2015. And you know what? i am very surprised that my name is mentioned as the winner of Aceh Forest Care Ambassador 2015!! it’s really unexpected and unbelievable moment. I never expect that i will selected as the winner. I am speechless for a while. But, Thanks Allah, Family, Friends, and all the professional judicators to make this happen. Thanks a lot. And here is the moment on the last day of the event :

 

Abis acara penutupan dan foto-foto kita jalan-jalan bareng ke banyak tempat. Yeayyy☺☺ Ini nih salah satunya kita didepan Museum Tsunami Banda Aceh

:avatar (4)

I miss you so much guys! empat hari sama-sama gaberasa sumpah 😭Sekali lagi makasi buat semuanya yang udah buat momen ini mungkin terjadi. I am nothing without you guys!☺ ingat juga duta itu bukan cuma yang ber-selempang. Kita semua ini duta untuk membuat perubahan disekeliling kita!

So, start with your own way, rise your dream and make it come true! because impossible is nothing☺

avatar (3)

Ditulis oleh Raudhatul Jannah

 

Iklan

7 thoughts on “Menang Duta Peduli Rimba Aceh 2015 :Unexpected Moment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s